MAKALAH
PEMANFAATAN
MULTIMEDIA
Disusun
Oleh :
Wildan
Muslim Fardany (17416649)
4IB04
A
TEKNOLOGI
INFORMASI & MULTIMEDIA #
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2020
ABSTRAK
Multimedia memiliki komunikasi interaktif
atau saling keterikatan yang tinggi. Dan dalam dunia komputer multimedia dapat
diartikan sebagai informasi/info komputer yang dapat disajikan melalui
suara atau gambar, teks, grafik dan animasi. Penempatan Multimedia dapat
dilaksanakan dimana saja selama peran masyarakat membutuhkan akses
menuju sumber media yang membutuhkan informasi elektronik. Multimedia
mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang
menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik,
dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur. Peran
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam
penerimaan terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk
yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan
penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan
lingkup usaha / bisnis.
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang. Kami panjatkan puja dan puji syuur atas
kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada
kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tentang “Pemanfaatan Multimedia”.
Makalah ini telah kami susun dengan
maksimal dan mendapatkan batuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar
pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terimakasih kepada
semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari
sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun
tata bahasanya. Oleh karena itu, dengan tangan terbuka kami menerima segala
saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini. Akhir
kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi
terhadap pembaca.
Bekasi, April 2020
(Penulis)
BAB 1
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi komunikasi dan
informasi yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan
manusia. Sampai saat ini, menurut TofFler, perkembangan tersebut telah mencapai
gelombang yang ketiga. Gelombang pertama timbul dalam bentuk teknologi
pertanian, dimana era pertanian ini telah berlangsung selama ratusan ribu tahun
yang lalu bahkan sampai sekarang. Gelombang kedua timbul dalam bentuk teknologi
industri, era industri ini telah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu
sampai sekarang. Kini, gelombang ketiga yang ditandai dengan pesatnya
perkembangan teknologi elektronika dan informatika. Perubahan dari era industri
ke era informasi (global) ini hanya berlangsung dalam hitungan waktu tidak
lebih dari setengah abad (Dryden dan Voss, 1999). Penempatan Multimedia dapat
dilaksanakan dimana saja selama peran masyarakat membutuhkan akses
menuju sumber media yang membutuhkan informasi elektronik. Multimedia
mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang
menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik,
dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur. Peran
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam
penerimaan terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk
yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan
penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan
lingkup usaha / bisnis.
I.2 Batasan Masalah
Pada makalah ini permasalahan dibatasi pada pemanfaatan multimedia sebagai berikut :
1.
Fungsi multimedia.
2.
Manfaat multimedia.
3.
Pemanfaatan multimedia dalam berbagai bidang.
I.3 Tujuan Penelitian
Dengan
adanya rumusan masalah di atas, makalah ini disusun dengan tujuan dapat
memahami pemanfaatan multimedia dalam berbagai bidang.
BAB 2
PEMBAHASAN
II.1 Fungsi
Multimedia [1]
Sebuah riset dari CTR (Computer Technology
Research) memberikan gambaran baru tentang ingatan manusia yang berhubungan
dengan komunikasi. Orang lebih mudah mengingat informasi berupa audio yang
didengarkan, daripada citra visual yang dilihatnya.
Orang hanya mampu mengingat sekitar 20% informasi yang
pernah dilihatnya. Di sisi lain, jika informasi tersebut diperoleh melalui
pendengaran, kemampuan memori manusia untuk mengingatnya bisa mencapai 30%. Ini
berarti manusia akan lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan dalam
bentuk kombinasi antara audio dan visual. Hasil riset CTR juga menyimpulkan
bahwa orang cenderung bisa mengingat sebanyak 50% informasi yang diperolehnya
dari mendengar sekaligus melihat. Hasil riset
tersebut mengungkapkan bahwa multimedia berfungsi utama sebagai sarana
menyampaikan informasi. Multimedia menjadikan komunikasi berjalan lebih
efektif daripada metode-metode klasik yang selama ini dipakai, terutama dalam
hal komunikasi massal.
II.2 Pemanfaatan Multimedia [2]
Multimedia kini telah merambah ke segala
aspek kehidupan. Perkembangan teknologi digital turut mendukungnya. Kemajuan
ini memberikan manfaat luar biasa. Multimedia dimanfaatkan di segala bidang
untuk berbagai keperluan, di antaranya..
1.
Sarana Informasi
Umum
Instansi pelayanan publik lebih mudah menyebarkan
informasi dengan multimedia. Hanya memerlukan infrastruktur perangkat yang
memadai untuk dipasang di lokasi strategis. Di mana publik bisa langsung
mengakses dan memperoleh informasi dengan mudah.
Multimedia mulai banyak ditemukan di berbagai tempat,
seperti hotel, stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, dan objek wisata tertentu.
Tersedia perangkat multimedia yang menyebarkan informasi umum, tanpa pengunjung
harus mendatangi saluran khusus. Penerapan ini
dapat memangkas waktu dan mengurangi pengeluaran untuk personel bagian
informasi. Meski masih akan diperlukan tenaga khusus untuk menyampaikan
informasi yang lebih mendetail.
2.
Media Pembelajaran
Di sekolah, multimedia akan menjadi media pembelajaran
yang efektif. Selama ini metode pengajaran dianggap monoton dan membosankan.
Dengan sarana multimedia, ilmu dapat disampaikan secara lebih menarik sehingga
anak didik mudah mengingatnya. Salah satu contoh penggunaan
multimedia adalah pada tugas presentasi. Di mana peserta didik juga menggunakan
media interaktif untuk mempresentasikan hasil belajar menggunakan laptop dan
proyektor.
Di sisi lain, multimedia pun menjadi sarana yang tepat
untuk mengetahui minat peserta didik. Peserta didik memiliki kebebasan dalam
memilih bidang kegemarannya, belajar sesuai kehendaknya, sehingga lebih aktif
mendapatkan pendidikan. Meskipun begitu, multimedia tak
lantas menghilangkan peranan para pendidik. Peserta didik yang aktif masih
membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru dan orang tua, agar mereka
memperoleh pembelajaran yang positif.
3.
Memajukan Ilmu
Kesehatan
Beberapa tahun yang lalu, seorang ibu hamil baru bisa
mengetahui secara pasti jenis kelamin jabang bayinya setelah lahir. Namun
dengan perkembangan multimedia di bidang kesehatan, fenomena tersebut kini
malah menjadi hal yang langka.
Penemuan peranti pemindai, USG, membuat dokter dapat
mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Salah satunya dapat digunakan untuk
mengetahui jenis kelamin bayi. Inilah salah satu contoh pemanfaatan multimedia
di ranah medis dan kesehatan. Peranti USG bukan satu-satunya
perangkat multimedia yang dimanfaatkan dalam kedokteran. Pemindai X-ray adalah
yang lainnya, di mana menjadi sarana penting bagi dokter untuk mendiagnosis
gangguan kesehatan pada pasiennya. Berbagai penemuan
penting berbasis multimedia di bidang kedokteran memudahkan tenaga medis dalam
pemeriksaan kesehatan. Sehingga kemudian tenaga medis bisa menentukan
penanganan paling tepat untuk para pasien.
II.3 Pemanfaatan
Multimedia Dalam Berbagai Bidang [3]
IT Infrastructure atau
infrastruktur TI pada umumnya digunakan untuk mendukung sebuah bisnis agar
semakin cepat maju. Hal ini tentu saja sesuai dengan pengertian infrastruktur
TI dan manfaatnya yang memang
ditujukan untuk mendukung kinerja suatu organisasi. Namun, jika kita berbicara
mengenai ITnya sendiri, penggunaannya sebenarnya jauh lebih luas tergantung
pada jenisnya. Salah satu yang saat ini paling umum digunakan adalah multimedia.
Ketika berbicara tentang multimedia, mungkin kamu
langsung berpikir tentang sebuah animasi atau gambar bergerak. Hal tersebut
tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya lebih luas dari itu. Dalam dunia
komputer, multimedia berarti menggunakan media komputer untuk menggabungkan
informasi berupa teks, gambar, suara, ataupun video. Diantaranya adalah :
·
Teknik
Dalam bidang teknik, multimedia seringkali
dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2 dimensi
atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik sipil, teknik
industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro, multimedia ini
dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang.
·
Kedokteran
Multimedia pada dunia kedokteran digunakan untuk
menggambarkan gelombang detak jantung, scanning tubuh manusia
menggunakan sinar X, dan juga penggambaran objek berukuran sangat kecil
menggunakan mikroskop yang terhubung ke komputer. Bahkan, multimedia saat ini
juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan sistem di rumah sakit ataupun apotik,
misalnya sebagai untuk mengelola stok obat.
· Bisnis
Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan
untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat.
Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video
ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan
untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar atau animasi secukupnya,
maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
·
Hiburan
Siapa yang suka bermain game? Nah, jika kamu termasuk
di antaranya, sebenarnya secara tidak langsung kamu sedang memanfaatkan
multimedia. Tidak hanya game digital saja, jika kamu sedang menonton video atau
film sekalipun, sebenarnya kamu sedang memanfaatkan multimedia.
·
Pendidikan
Tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan multimedia untuk
keperluan presentasi, dalam dunia pendidikan, multimedia juga digunakan oleh
tenaga pengajar sebagai media penyampaian materi. Hal ini, akan membuat murid
dapat semakin mudah menangkap materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar,
karena tampilannya menarik dan tidak membuat ngantuk.
BAB 3
PENUTUP
V.1 Kesimpulan
Pada
zaman sekarang yang segala sesuatu dengan menggunakan teknologi tidak lepas
dari multimedia yang melengkapi teknologi tersebut, itu kenapa multimedia mempunyai
peranan yang penting dari segala aspek, karena multimedia merupakan pemicu
(triggers) pembaca memperoleh sesuatu yang 'lebih' dibandingkan topik yang
dipelajari. Tidak hanya itu peranan multimedia akan sangat efektif dalam
penyampaian informasi; faktanya menurut Computer Technology
Research (CTR):
·
Orang mampu
mengingat 20% dariapa yang dilihat
·
Orang mampu
mengingat 30% dariapa yang didengar.
·
Orang mampu
mengingat 50% dariapa yang didengar, dilihat dan dilakukan
Multimedia
dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber
informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang
berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan.
Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik,
multimedia juga bisa menjadi amat menghibur. Multimedia juga
menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk
penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima
dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam
lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha/bisnis.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Putra, S. Kom., “Pengertian dan Manfaat Multimedia”, https://-salamadian.com/pengertian-multimedia/, Tanggal Akses: 4 April 2020.
[2] Vivi M. “Pemanfaatan Multimedia Dalam Berbagai Bidang”,
http://www.
-dgspeak.com/pemanfaatan-multimedia-dalam-berbagai-bidang/, Tanggal Akses: 4 April 2020.
-dgspeak.com/pemanfaatan-multimedia-dalam-berbagai-bidang/, Tanggal Akses: 4 April 2020.
[3] Iketuastika F. “Macam Macam
Software Multimedia”, http://-www.slideshare.net/6306068/sesi-1-aplikasi-multimedia-pada-berbagai-bidang/, Tanggal Akses: 4 April 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar