Cinta Kasih, Penderitaan dan Keadilan sangat berhubungan
dalam masyarakat dan menjadi komponen – komponen utama dalam kehidupan. Hal ini
dibuktikan dengan kasih sayang antara anak dengan orangtua, pemuda dan pemudi (
pria-wanita, pria-pria dan wanita - wanita ). Penderitaan menjadi komponen yang
sangat mengisi dalam kehidupan karena, adanya proses pendewasaan seseorang yang
dalam proses pendewasaan tersebut melewati tahap – tahap penderitaan sehingga
menjadi lebih matang dalam mengatasi masalah. Keadilan merupakan sesuatu hal
yang sangat diinginkan oleh masyarakat Indonesia. Yang dibuktikan dengan adanya
ketetapan dalam MPR RI No. II/MPR/1978 tentang pedoman penghayatan dan
pengamalan pancasila (Ekaprasetia Panca Karsa).
1.
Manusia dengan Cinta Kasih
Cinta merupakan salah satu dari kebutuhan hidup manusia yang
fundamental. Victor Hago (Pujangga terkenal) menyatakan mati tanpa cinta sama
halnya dengan mati penuh dosa. Sederhananya cinta adalah sebagai paduan rasa
simpati antara dua makhluk. Seperti, pria dan wanita, pria dan pria, dan wanita
dan wanita.
Frich Fromm mengatakan cinta adalah suatu seni. Sebagai
suatu seni cinta meski dipadukan dengan kemampuan teoritik barulah prakteknya
dan juga mempelajari seninya. Dan apabila manusia kehilangan cinta maka manusia
tidak akan mampu untuk menetralisasikan sifat-sifat kebinatangannya karena
manusia merupakan binatang yang memiliki akal budi.dan cinta itu merupakan
kegiatan yang aktif dari manusia.
Hubungan tiga unsur cinta.
1.
Keterikatan
2.
Keintiman
3.
Kemesraan
Tiga
unsur tersebut dapat di gambarkan sebagai berikut.
Keterikatan > kemesraan dan keintiman à Cinta Setia
Keintiman
> keterikatan dan kemesraan à Cinta Saudara
Kemesraan
> Keterikatan dan Keintiman à Cinta Rayuan
Cinta Kasih Dalam Berbagai
Dimensi
Cinta memiliki pengertian sebagai kasih sayang, kemesraan,
belas kasihan ataupun dengan aktifitas pemujaan. Secara umum kasih sayang
diartikan sebagai perasaan sayang, suka, dan cinta kepada seseorang. Salah satu
unsur dari cinta kasih ialah perhatian yakni perhatian yang diberikan oleh
orang yang ada disekeliling kita. Dan kasih sayang merupakan sesuatu hal yang
indah, suci, dan didambakan tiap orang dan termasuk istilah denotatif. Orang
tidak akan mendapatkan kasih sayang apabila tidak ada orang yang memberi. Ada
beberapa bentuk kasih sayang ;
a) Bentuk
hubungan kasih sayang antara anak yang bersiakap pasif dengan orang tua yang
bersikap aktif.
b) Bentuk
kasih sayang antara orang tua bersikap pasif dengan anak yng bersikap aktif.
c) Ketika orang tua dan anak sama – sama bersikap pasif.
d)
Ketika anak dan orangtua sama – sama bersikap aktif.
Tipe-tipe Cinta
1. Cinta Persaudaraan
Cinta
persaudaraan adalah cinta diantara sesame, tetapi sungguh baik sebagai sesama, kita
tidak selalu “ sama “ sejauh kita bersifat manusiawi, kita semua membutuhkan
bantuan.
2. Cinta Keibuan
Cinta
keibuan adalah penguatan tanpa syarat terhadap hidup dan kebutuhan anak.
Penguatan (afermasi) hidup anak mempunyai dua bagian yaitu, perhatian dan
tanggung jawab.
3. Cinta Erotis
Cinta
ini berbeda dengan dua tipe cinta diatas. Cinta erotis adalah mendambakan
peleburan, pengaturan dengan seorang pribadi lain.
4. Cinta Diri sendiri
Freud
beranggapaan bahwa cinta adalah manifestasi nafsu sexual yang diarahkan kepada
orang lain/diarahkan pada dirinya
sendiri atau cinta diri(self love).
5. Cinta terhadap Allah
Bentuk
religious cinta yang disebut cinta akan Allah, tidaklah berbeda, kalau
berbicara secara psikologis. Cinta ini berasal dari kebutuhan untuk mengatasi
keterpisahan, untuk mencapai penyatuan.
2. Manusia dengan Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah, yang artinya adalah
bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat
indah adalah segala hasil seni meskipun tidak semua hasil seni indah,
pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga), Manusia (wajah,
mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh) Keindahan adalah identik dengan
kebenaran atau kenyataan.
Manusia setiap waktu memperindah diri, pakaian, rumah,
kendaraan, dan sebagainya agar segalanya tampak mempesona dan menyenangkan bagi
yang melihatnya. Semua ini menunjukan betapa manusia sangat gandrung dan
mencintai keindahan. Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan
sebagai sesuatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah.
Untuk pembedaan itu dalam bahasa inggris sering dipergunakan istilah “beauty”
(keindahan) dan” the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan
filsafat, kedua pengertian ini kadang-kadang dicampuradukan saja disamping itu
terdapat juga perbedaan menurut luasnya perngertian ini sebagai berikut:
1.
Keindahan dalam arti luas
2.
Keindahan dalam arti estetis murni
3.
Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatannya.
Keindahan
dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang
didalamnya tercakup pula kebaikan, plato misalnya menyebut tentang watak yang
indah dan hukum yang indah, Sedangkan Aritoteles merumuskan keindahan sebagai
sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang
indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah
pikiran yang indah dan adab kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga
mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk
keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan
pendengaran .Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi keindahan seni,
keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.
C.
Hubungan Manusia dengan Keindahan
Manusia
dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk
keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara
maupun seni pertunjukan) yang nantinya manjadi bagian dari kebudayaannya yang
dapat dibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan
keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai
pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu
keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia.
Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan
siapa saja dapat menikmati keindahan.
Jadi
keindahan mempunyai dimensi interaksi yang sangat luas baik hubungan manusia
dengan benda, manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, dan bagi orang itu
sendiri yang melakukan interaksi. Pengungkapan keindahan dalam karya seni
didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu
dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia,
mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat,
mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya. Tujuannya tentu saja dilihat
dari segi nilai kehidupan manusia, martabat manusia, kegunaan bagi manusia
secara kodrati.
Cara-Cara
Menentukan Keindahan
1.
Renungan
Renungan
berasal dari kata renunag, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan
sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam.
2.
Keserasian
Keserasian
berasal dari kata serasi-serasi dari kata dasar rasi artinya cocok, sesuai,
atau kena benar. Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi
tidak indah.
3.
Kehalusan
Kehalusan
berasal dari kata halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, baik
(budi bahasa), beradab. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus. Halus itu
berarti suatu sikap manusia dalam pergaulan baik dalam masyarakat kecil maupun
dalam masyarakat luas.
4.
Kontemplasi
Suatu
proses bermeditasi, merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari
nilai-nilai makna, manfaat, dan tujuan, atau niat hasil penciptaan
Pengertian Penderitaan
Penderitaan adalah
bahasa yang sering kita dengar. Penderitaan berasal dari
kata derita.Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya
menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang
tidak menyenangkan. penderitaan bisa bersifat lahir dan bersifat batin. Setiap
manusia memiliki penderitaan yang berbeda –beda. Manusia dikatakan menderita
apa bila dia memiliki masalah, depresi karena tekanan hidup, dan lain lain.
Penderitaan termasuk
realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat,
ada yang berat dan ada juga yang ringan. Akibat penderitaan yang
bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula
yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum
tentu tidak bermanfaat.
Menurut agama penderitaan itu
adalah teguran dari tuhan. Penderitaan ada yang ringan dan berat contoh
penderitaan yang ringan adalah ketika seseorang mengalami kegagalan dalam
menggapai keinginannya. Sedangkan contoh dari penderitaan berat adalah ketika
seorang manusia mengalami kejadian pahit dalam hidupnya hingga ia merasa tertekan
jiwanya sampai terkadang Ingin mengakhiri hidupnya.
Siksaan
Penderitaan biasanya
di sebabkan oleh siksaan. Baik fisik ataupun jiwanya.Siksaan atau penyiksaan
(Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit
untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan
penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja
dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman,
pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau
tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan. Siksaan dapat digunakan
sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan pengakuan.
Siksaan Yang Sifatnya Psikis :
a. Kebimbangan.
Memiliki arti tidak dapat menetukan pilihan mana yang
akan dipilih.
b. Kesepian.
merupakan rasa sepi yang dia alami pada dirinya
sendiri / jiwanya walaupun ia dalam lingkungan orang ramai.
c. Ketakutan.
Adalah sebuah sesuatu yang tidak dinginkan yang dapat
menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. Bila rasa takut itu dibesar –
besarkan tidak pada tempatnya, maka disebut sebagai phobia.
penyebab seseorang merasakan ketakutan, antara lain:
1. Claustrophobia dan
agrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup.
2. Gamang adalah rasa takut
akan tempat yang tinggi.
3. Kegelapan adalah rasa takut
bila seseorang berada di tempat gelap.
4. Kesakitan merupakan ketakutan
yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami.
5. Kegagalan ketakutan dari
seseotang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami
kegagalan.
Contoh–contoh Penderitaan dan
Penyebabnya
Berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka
penderitaan manusia dapat dibagi menjadi 2 bagian sebagai berikut :
a) Nasip buruk penderitaan ini karenakan
perbuatan buruk manusia yang dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan
alam sekitarnya. Perbedaan nasip buruk dan takdir adalah jika takdir di
tentukan oleh tuhan sedangkan nasib buruk penyebabnya Karena ulah manusia itu
sendiri. Contohnya : penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab
tuhan. Namun dengan kesabaran dan tawakal dan optimise merupakan usaha
manusia untuk mengatasi penderitaan tersebut.
b) Kehilangan orang tua, setiap manusia pasti
mencintai orang tuanya dan memiliki hubungan yang erat dengan keluarganya.
Penderitaan ini adalah yang paling sering kita jumpa dan sangat sedih tentunya
.tapi kesedihan Karena penderitaan diharapkan tidak berlarut larut karena semua
manusia yang hidup pasti akan kembali kepada tuhannya.
c) Kemiskinan , banyak orang yang mederita
karena kemiskinan , merasa tidak pernah cukup dengan apa yang telah ia punya
sehingga mengakibatkan seseorang merasa menderita karena tidak bisa memiliki
sesuatu yang ia inginkan. Ini di karena kan kurangnya rasa syukur manusia atas
apa yang telah di berikan oleh tuhan.
d) Bencana, tidak ada seorang pun yang dapat
menghindari bencana yang tuhan berikan. Bencana bisa kapan saja dating dan
menimpa siapa saja bahkan seringkali mengakibatkan kehilangan anggota keluarga.
Trauma batin yang diakibatkan karena bencana juga sulit di sembuhkan.
4. Manusia dengan Keadilan
PENGERTIAN KEADILAN
PENGERTIAN KEADILAN
Secara
umum, Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban.
Berdasarkan kesadaran etis, kita diminta untuk tidak hanya menuntut hak dan
lupa menjalankan kewajiban. Jika kita hanya menuntut hak dan lupa menjalankan
kewajiban, maka sikap dan tindakan kita akan mengarah pada pemerasan dan
memperbudak orang lain. Sebaliknya pula jika kita hanya menjalankan kewajiban
dan lupa menuntut hak, maka kita akan mudah diperbudak atau diperas orang lain.
KEADILAN SOSIAL
Menurut Kamus Umum Bahasa
Indonesia, keadilan mempunyai arti sifat (perbuatan, perlakuan dsb ) yang tidak
berat sebelah ( tidak memihak ). Sedangkan sosial berarti segala sesuatu yang
mengenai masyarakat, kemasyarakatan atau perkumpulan yang bersifat dan
bertujuan kemasyarakatan (bukan dagang atau politik).
Keadilan memberikan kebenaran,
ketegasan dan suatu jalan tengah dari berbagai persoalan juga tidak memihak
kepada siapapun. Dan bagi yang berbuat adil merupakan orang yang bijaksana.
MACAM-MACAM KEADILAN
1. Keadilan Legal atau Keadilan Moral
Plato
berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dari
masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyarakat yang
adil setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling
cocok baginya (Than man behind the gun). Pendapat Plato itu disebut keadilan
moral, sedangkan Sunoto menyebutnya keadilan legal.
2. Keadilan Distributif
Aristoles
berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama
diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama (justice
is done when equals are treated equally).
3. Komutatif
Keadilan
ini bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi
Aristoteles pengertian keadilan itu merupakan asas pertalian dan ketertiban
dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrim menjadikan ketidak
adilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.
KEJUJURAN
Kejujuran adalah bagian dari
harga diri yang harus dijaga karena bernilai tinggi. Kejujuran diikat
dengan hati nurani manusia, dan keduanya itu merupakan anugerah dari Allah Swt.
Kejujuran merupakan sifat manusia sejak awal tetapi untuk digunakan atau tidak
suatu kejujuran itu kembali ke pribadi itu sendiri
KECURANGAN
Kecurangan atau curang identik
dengan ketidakjujuran atau tidak jujur, dan sama pula dengan licik, meskipun
tidak serupa benar. Curang atau kecurangan artinya apa yang diinginkan tidak
sesuai dengan hari nuraninya atau, orang itu memang dari hatinya sudah berniat
curang dengan maksud memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan berusaha.
PERHITUNGAN (HISAB)
Di negara kita ada suatu lembaga
khusus yang menangani kejahatan yaitu POLISI, disini polisi akan menyelidiki,
dan mengungkap berbagai macam kasus kejahatan yang di lakukan oleh orang-orang
yang tidak bertanggung jawab, dan yang selanjutnya akan diserahkan kepengadilan
untuk diproses menurut UUD.
PEMULIHAN NAMA BAIK
- Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup.
- Nama baik atau tidak baik itu adalah tingkah laku atau perbuatannya.
tingkah laku dan perbuatan
itu, antara lain cara berbahasa, cara bergaul, sopan
santun, disiplin pribadi, cara menghadapi orang,
perbuatan – perbuatan yang
dihalalkan agama.
- Pada hakekatnya, pemulihan nama baik adalah kesadaran manusia akan segala kesalahannya; bahwa apa yang telah diperbuatnya tidak sesuai dengan ukuran moral atau tidak sesuai dengan akhlak.
- Untuk memulihkan nama baik, manusia harus berubah menjadi lebih baik dan minta maaf.
PEMBALASAN
Pembalasan ialah suatu reaksi
atas perbuatan orang lain. Dimana ada korban yang dirugikan atas reaksi itu,
pembalasan dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah
laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang.
Contoh puisi
“Manusia dengan Keadilan”
Wahai keadilan
Dimanakah engkau kini berada
Kehadiran mu sungguh di nanti orang banyak
Di zaman sekarang ini
Di zaman yang penuh kerakusan ini
Dimanakah engkau kini berada
Kehadiran mu sungguh di nanti orang banyak
Di zaman sekarang ini
Di zaman yang penuh kerakusan ini
Dimana uang berkuasa atas segalanya
Dimana keadilan di telah perjual belikan
Oleh oknum oknum yang tak punya hati nurani
Yang mementingkan materi untuk dirinya sendiri
Ia tukarkan keadilan itu
Dengan lembaran rupiah
Tak perduli perasaan orang lain
Tak perduli kekecewaan orang lain
Tak perduli juga akan penderitaan orang lain
Yang membutuhkan keadilan
“Manusia dengan Penderitaan”
Satu
anak berjalan lurus
Lurus tanpa arah
Satu anak berbadan kurus
Mengais nasi berbagi tak serakah
Lurus tanpa arah
Satu anak berbadan kurus
Mengais nasi berbagi tak serakah
Tampak
lusuh
Tampak kotor
Dekil!
Berambut merah karna sinar surya
Tampak kotor
Dekil!
Berambut merah karna sinar surya
Siang-malam-malam-siang
Jalanan istana mereka
Air hujan air mandi mereka
Emperan adalah meja makan penuh hidangan mereka
Jalanan istana mereka
Air hujan air mandi mereka
Emperan adalah meja makan penuh hidangan mereka
Akan
kah mereka bertahan?
Bisa kah mereka tetap hidup?
Doaku untuk kalian
Tetaplah berjuang dan semangat
Bisa kah mereka tetap hidup?
Doaku untuk kalian
Tetaplah berjuang dan semangat
“Manusia
dengan Keindahan"
Inilah
Indonesia ku
Tempat berjuta manusia yang memadatinya
Dari Sabang hingga Merauke
Dari jajaran pulau-pulau yang terbentuk menjadi satu
Keindahan alam yang terbentang luas
Dari ufuk barat ke ufuk timur
Jajaran gunung yang menopang langit putih ibu pertiwi
Tempat berjuta manusia yang memadatinya
Dari Sabang hingga Merauke
Dari jajaran pulau-pulau yang terbentuk menjadi satu
Keindahan alam yang terbentang luas
Dari ufuk barat ke ufuk timur
Jajaran gunung yang menopang langit putih ibu pertiwi
Aneka
satwa dan tumbuhan yang mengisinya
Memberikan kesan keindahan untuk dipandang mata
Keindahan yang bisa kita nikmati
Menjadi bukti indahnya tanah kelahiranku
Indonesia nan Indah
Memberikan kesan keindahan untuk dipandang mata
Keindahan yang bisa kita nikmati
Menjadi bukti indahnya tanah kelahiranku
Indonesia nan Indah
“Manusia dengan
Cinta Kasih”
Bintang malam katakan pada
dirinya
Aku ingin melukis sinarmu di lubuk hatiku
Embun pagi sampaikan padanya
Biar ku dekap erat dirimu saat dingin membelenggunya
Aku ingin melukis sinarmu di lubuk hatiku
Embun pagi sampaikan padanya
Biar ku dekap erat dirimu saat dingin membelenggunya
Tahukah engkau wahai kasih
ku
Aku ingin bertemu dan membelai wajahnya
Kan ku pasang hiasan yang terindah di hatimu
Hanya untuk dirimu yang kusayang
Aku ingin bertemu dan membelai wajahnya
Kan ku pasang hiasan yang terindah di hatimu
Hanya untuk dirimu yang kusayang
Puisi ini kuciptakan
Hanya untuk bidadari hatiku tercinta
Walau hanya kata - kata sederhana
Ijinkan ku ungkap segenap rasa dan kerinduan hatiku
Hanya untuk bidadari hatiku tercinta
Walau hanya kata - kata sederhana
Ijinkan ku ungkap segenap rasa dan kerinduan hatiku
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar